Rabu, 01 September 2010

Menggabung Objek pada CorelDraw

Menggabungkan Objek pada CorelDrawIlmu Grafis Tutorial Corel 10, 11, 12, 13, 14, 15, X3, X4 dan X5 Menggabungkan, menyatukan, menggabung objek pada CorelDraw bisa dilakukan dengan minimal 3 cara. Cara tersebut sangat sering dipakai untuk membuat sebuah karya desain menggunakan corel. Cara tersebut adalah Group, Weld dan Combine. Bagaimana cara menggunakan command tersebut dan apa perbedaannya? Mari ikuti tutorial berikut.
Menggabung Objek pada CorelDraw

1. Group
Untuk menggabungkan objek via group kita lakukan dengan cara menyeleksi atau memilih objek shape, kurva, garis, teks, dan atau bitmaps memakai SHIFT+Klik pada objek-objek yang ingin kita gabung. Kemudian klik kanan pilih group. Inti penggunaan group adalah menyeleksi terlebih dulu objek yang ingin digabung. Untuk mengakses perintah group bisa dilakukan dengan cara klik kanan, klik tombol group pada property bar dan menggunakan shortcut [ CRTL+G ].

Menggabungkan Objek pada CorelDraw

Penggabungan objek ini bisa dipecah menggunakan klik kanan ungroup atau tekan tombol shortcut CTRL+U dan juga tombol ungroup pada property bar. Ada banyak cara mengakses command pada coreldraw seperti halnya command group dan ungroup. Anda bisa pelajari shortcut CorelDraw pada menu Tool > Customization. Pilih menu tree Command, pada tab command pilih All (show all item). Untuk melihat shortcut satu persatu aktifkan tab shortcut keys dan pilih command yang ingin Anda ketahui shortcutnya.

2. Combine
Combine digunakan untuk menggabung objek yang berlubang. Maksudnya 2 objek atau lebih akan saling menyatu membentuk cincin (bila berupa lingkaran). Objek yang digabung melalui combine ini wajib saling bertumpukan satu sama lain agar kelihatan perbedaan sebelum dan sesudah digabung menggunakan combine. Untuk menggabung menggunakan combine seperti yang sudah saya jelaskan tadi pilih atau seleksi dengan SHIFT+Klik objek shape, kurva, garis, teks, dan atau bitmaps. Kemudian agar saling bertumpukan Anda bisa merata-tengahkan objek tersebut dengan cara klik Menu arrange > Align and distribute > Center Vertikal. Ulangi dan pilih Center Horizontal.

Menggabungkan Objek pada CorelDraw

Pada langkah akhir menggunakan combine tentau saja Anda bisa klik kanan > Combine. Atau via shortcut CTRL+L, atau via property bar dengan menekan tombol combine. Cara ini tidak harus selalu rata tengah horizontal maupun vertikal, syarat wajibnya adalah bertumpukan antara satu dengan lainnya. Anda bisa gunakan move tool untuk memindah objek sesuai dengan letak yang diinginkan.

Dapat Anda lihat pada gambar di atas bahwa warna objek berubah setelah digabung. Warna objek ataupun garis akan menyesuaikan warna objek atau garis yang terseleksi terakhir. Untuk memecah objek hasil penggabungan combine adalah dengan cara break apart/break curve apart. Bisa dengan cara klik kanan atau dengan shortcut CTRL+K. untuk lebih jelas menggunakan combine akses link berikut.

3. Weld
Sama halnya dengan combine, weld menggabung objek menjadi benar-benar menyatu menjadi satu bagian. Namun dengan weld yang dibuat pada objek bertumpuk tidak dapat dipecah lagi. Objek dapat dipecah jika tidak saling bertumpukan. Weld dan combine menjadi sama fungsi jika digunakan untuk menggabung objek yang tidak saling bertumpukan.

Menggabungkan Objek pada CorelDraw

Untuk menggabung objek dengan weld minimal ada dua objek yang terpilih, kemudian tekan tombol weld pada property bar.

Untuk memecah objek hasil penggabungan weld sama seperti combine yaitu dengan cara break apart/break curve apart. Bisa dengan cara klik kanan atau dengan shortcut CTRL+K. Untuk lebih jelas menggunakan weld akses link berikut.

TIPS :
Setiap command / perintah dalam CorelDraw biasanya terdapat 4 tipe akses. Yaitu, klik kanan; shortcut; property bar dan menu.

Related posts:

1. Memotong, Menggabung, dan Operasi Objek pada CorelDraw
2. Menggabung dua objek simetris dengan CorelDraw
3. Mengatur Depan Belakang Objek Pada CorelDraw
4. Mewarnai Objek dan Garis pada CorelDraw
5. Align And Distribute pada CorelDraw
6. Interactive Transparency Tool pada CorelDraw
7. Moving, Scaling, Rotating pada Coreldraw
8. Membuat logo dengan coreldraw
9. Membuat Logo 3D dengan CorelDraw
10. Membuat Efek Cermin dengan CorelDraw

Posted in CorelDraw | Tagged Ilmu Grafis, tutorial basic dasar coreldraw, Tutorial Corel 10 11 12 13 14 15 X3 X4 X5, tutorial coreldraw
Lizard Wijanarko

Lizard Wijanarko is 24 years old blogger and designer with really strong passion. He usually hangs out in Twitter tweeting design related links regularly. If You use Digg actively he can be great friend there and don't forget add to StumbleUpon too! How about Deviantart? Meet him there as well! If You have any questions feel free to write and add him to Gtalk - it is beautiful way to get contacted directly!
Articles in this series

* Tips CorelDraw : Pengaturan Penting Sebelum Mendesain dengan Corel
* Interactive Transparency Tool pada CorelDraw
* Menggabungkan Objek pada CorelDraw
* Menggabung dua objek simetris dengan CorelDraw
* Align And Distribute pada CorelDraw
* Memotong, Menggabung, dan Operasi Objek pada CorelDraw
* Mengatur Depan Belakang Objek Pada CorelDraw
* Membuat Warna Gradasi dengan CorelDraw
* Membuat Efek Teks Melingkar pada CorelDraw
* Mewarnai Objek dan Garis pada CorelDraw
* Memulai CorelDraw
* Moving, Scaling, Rotating pada Coreldraw
* Membuat Peta 3D dengan Coreldraw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar